Minggu, 25 April 2010

PARUGA NA'E

Setiap daerah mempunyai kebudayaan tersendiri yang menunjukkan ciri khasnya. kadang juga terlihat aneh bagi orang yang berasal dari daerah lain. Namun, walau bagaimanapun itu akan tetap menjadi kebudayaannya, yang menunjukkannya beda dari yang lain. Segenap warganya berusaha keras agar kebudayaan itu tetap terjaga dan lestari. Hingga kenang-kenangan di masa lalu bisa dikenang dengannya.
Nah,,, ini adalah salah satu tempat,, bukan tempat sich tapi lebih cocoknya sesuatu yang menarik. kalau tempat kan hanya untuk satu atau beberapa tempat aza, bukan begitu? Yang satu ini adalah salahsatu corak dari masyarakat Bima, Nusa Tenggara Barat, tapi bukan orang barat lho!
Namanya tiada lain adalah ,,,, "PARUGA NA'E".
Pasti aneh kedengarannya. Of course, kan baru denger!
Yaw dah, biar gak penasaran trus,, yuk kita bahas lebih detail.
Kata Paruga Na'e berasal dari bahasa setempat. Secara bahasa, artinya; Paruga = Tenda, Na'e = besar. Nah, dari situ saja sudah kelihatan bahwa Paruga Na'e itu adalah tenda besar. Lebih detailnya adalah sebuah bangunan sebagai lambang dari tenda pada acara-acara besar keluarga, dinas, dll. Bangunan ini biasa digunakan sebagai tempat acara-acara penting, seperti resepsi pernikahan, MTQ, hiburan, dll. Namun yang lebih mendominasi adalah sebagai tempat resepsi pernikahan. Eh, bukan hanya resepsi dink, pi akad nikah juga biasa dilakukan di tempat ini, yang biasanya membuat calon pengantin prianya grogi, hahhaaha...
Paruga Na'e hanya 1 di Kabupaten Bima, yaitu di pusat Kota Sila, yang merupakan pusat kota di Kabupaten Bima. Sehingga sangat stategis ketika ingin mengadakan suatu acara besar di tempat ini, karena merupakan di tengah-tengah wilayah kabupaten. Sila city gitu loh!!!
Bangunan ini merupakan milik Pemda setempat, jadi milik seluruh warga kabupaten. Siapapun bisa memakainya asalkan sudah mendapatkan izin dari pemerintah setempat.
hm,,, mungkin itu dulu, o ya bangunannya masih baru lho., kira-kira berdirinya ini tahun 2008.
I LOVE U SILA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar